Anda pasti pernah mendengar nama Oprah Winfrey, seorang pembawa acara talk show ‘The Oprah Winfrey Show’ yang populer. Oprah Winfrey merupakan salah satu wanita yang paling berpengaruh di dunia, dimana ia dijuluki sebagai ‘Ratu dari Semua Media’ dan berhasil menjadi Miliader berkulit hitam pertama di Amerika Utara. Namun kisah sukses dia tidak berawal dari kehidupan yang ceria. Faktanya Oprah Winfrey tumbuh di lingkungan yang buruk dan tidak mendapat perlakuan baik semasa kanak-kanaknya. di situs IDN Poker terpercaya dan terbaik di Indonesia 2021 kita akan membahas biografi Oprah Winfrey dan kisahnya dalam mencapai kesuksesan.

Kisah Masa Lalu Oprah Winfrey Yang Kelam

Oprah lahir dari seorang ibu tunggal yang masih remaja dalam kemiskinan di kota Mississippi. Ibunya merupakan seorang asisten rumah tangga yang bahkan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setelah melahirkan Oprah, ibunya pergi ke arah utara dan meninggalkan Oprah dalam asuhan neneknya yang memperlakukannya dengan kasar. Keluarganya dikatakan sangat miskin sehingga Oprah harus menggunakan baju dari karung kentang untuk menutupi tubuhnya.

Pada usia 6 tahun, Oprah sempat pindah bersama ibunya ke Milwaukee selama dua tahun sebelum ia dititipkan ke ayahnya di Nashville. Pada usianya yang ke 9 Oprah sudah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh sepupu, paman, dan teman keluarganya. Setelah mengalami perlakuan buruk dan pelecehan akhirnya Oprah melarikan diri dari rumah di usianya yang ke 13.

oprah

Perjalanan Pendidikan Oprah Winfrey

Oprah hamil ketika ia baru berumur 14 tahun dan anaknya meninggal tak lama setelah dilahirkan. Ayahnya lalu mendorongnya untuk mementingkan edukasi dan Oprah menjadi siswa berprestasi. Ia mengikuti tim pidato di sekolah menengahnya dan mendapatkan juara kedua nasional dalam kategori interpretasi dramatis.

Pada usianya yang ke 17 ia memenangkan kontes kecantikan Miss Black Tennessee dan mencuri perhatian stasiun radio lokal. Disana ia bekerja paruh waktu sebagai pembaca berita selama tahun terakhir sekolah menengah dan diawal masa kuliahnya. Ia memenangkan kontes berpidato yang memberinya kesempatan mendapatkan beasiswa di Tennessee State University.

Perjalanan Karir Oprah Winfrey Hingga Kesuksesannya Dalam Media Televisi

Karir awal Oprah di dunia pertelevisian dimulai ketika ia menjadi pembawa berita stasiun TV di Nashville. Ia kemudian berpindah ke Chicago pada tahun 1983 untuk membawa acara televisi AM Chicago. Rating yang didapatkan talk show ini perlahan naik hingga Oprah menjadi pembawa acara talk show peringkat teratas. Acara tersebut akhirnya diganti namanya menjadi The Oprah Winfrey Show dan meraih kesuksesan tinggi.

Style unik yang dibawakan oleh Oprah menjadi populer dan menjadi sebuah gaya baru untuk berkomunikasi di televisi. Gaya Oprah yang lebih akrab, tulus, dan empatinya terhadap bintang tamu merupakan sebuah gaya khas yang sangat populer dan menuai kesuksesan besar bagi Oprah.

oprah winfrey speech

Bagaimana Oprah Bisa Mengubah Pengalaman Buruk Menjadi Kesuksesan?

Oprah berasal dari latar belakang yang tidak mendukung. Lahir sebagai wanita dari keluarga miskin dan berkulit hitam di kala itu dan dibesarkan dengan kekerasan dan dieksploitasi sejak muda, tidak banyak orang yang bisa bertahan, apalagi meraih kesuksesan besar dan mengubah pandangan dunia seorang diri.

Tetapi Oprah berhasil mengubah segala keburukan yang ia alami menjadi semangat yang baik. Ia tidak menyerah pada keyataan bahwa ia datang dari lingkungan yang buruk. Ia tidak percaya bahwa hidupnya hanya sebatas pengalaman buruknya dan label yang orang berikan padanya. Jangan biarkan ketakutan dan keraguan membatasi dirimu. Seperti salah satu kutipan populer Oprah, “Apa yang kita katakan pada diri kita sendiri dapat membangun atau menghancurkan hidup kita, tak peduli siapapun kita sekarang”.